Senin, 06 Mei 2013

PERBEDAAN ANTARA KONSELING DENGAN PSIKOTERAPI

            Terlebih dahulu, mari kita berikan definisi diantara konseling dan psikoterapi, serta mencoba untuk mengetahui aspek atau ciri-ciri yang ada pada masing-masingnya, sehingga dengan begitu, dapatlah kita berikan gambaran perbedaan antara konseling dengan psikoterapi.

1.      Konseling

            Menurut English dan English (dalam Gatot, 2011) konseling adalah “ Suatu hubungan antara seseorang dengan seorang yang lain dimana seseorang berusaha keras untuk membantu orang lain agar memahami masalah dan dapat memecahkan masalahnya dalam rangka penyesuaian dirinya.”

            Pada tahun 1955 tiga tahun sebelum English, Glen E. Smith (dalam Gatot, 2011) mendefinisikan konseling yakni: “ suatu proses dimana konselor membantu konseli (klien) agar ia dapat memahami dan menafsirkan fakta-fakta yang bethubungan dengan pemilihan dan penyesuaian diri sesuai dengan kebutuhan individu.”

            Menurut analisa Shertzer dan Stone (dalam Gatot, 2011) definisi-definisi konseling pada umumnya bernuansa kognitif, afektif, dan behaviorial. Definisi konseling yang antisipatif sesuai tantangan pembangunan adalah “ konseling adalah upaya bantuan yang diberikan seorang pembimbing yang terlatih dan berpengalaman terhadap individu-individu yang membutuhkannya, agar individu tersebut berekmbang potensinya secara optimal, mampu mengatasi masalahnya, dan mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang selalu berubah.”

            Maka dapat disimpulkan pengertian konseling dari tokoh-tokoh di atas, bahwa konseling adalah adanya konselor sebagai pembimbing dan mendengarkan permasalahan konselee, sehingga dapat membuat konselee bisa menyesuaikan ndori dengan permasalahannya.

 

2.      Karakteristik Konseling

            Karakteristik konseling untuk pembangunan (dalam Gatot, 2011) adalah

a.       Konseleor selalu berusaha melihat potensi individu

b.      Mendorong klien mengungkapkan masalahnya

c.       Menggunakan kertampilan yang dimiliki untuk menciptakan suasana yang kondusif

d.      Memberi kesempatan atas alternatif pilihan yang sesuai dengan situasi dirinya

e.       Menciptakan kegairahan dan kesenangan

 

3.      Psikoterapi

            Psikoterapi adalah prosesnya lebih fokus pada penyembuhan, belajar lebih banyak dengan melakukan tahapan atau beberapa prosedur yang ada guna menangani permasalahan atau isu-isu dalam kehidupan.

 

4.      Perbedaan antara konseling dan psikoterapi

            Jadi, dapat disimpulkan bahwa, konseling merupakan bagian dari psikoterapi. Dimana dalam suatu prosedur terapi yang sedang dilakukan, terdapat adanya tahapan atau proses untuk melakukan konseling, sehingga pelaksanaan psikoterapi berjalan dengan dengan baik

            Intinya :

a.       Konseling merupakan tahapan di dalam psikoterapi

b.      Konseling mendengarkan permsalahan, dimana ada konselor dan konselee

c.       Psikoterapi merupakan suatu proses untuk membantu menyembuhkan suatu permasalahan yan dialami klien dengan melalui bebrapa prosedur dan tahapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar